Kamu Sering Mengalami Masalah Kesehatan Mental? Yuk Simak Tips Menjaga Kesehatan Mental

Admin STAIKU

Hai guys, bagi kamu yang sering mengalami overthingking, stres, dan depresi sehingga berpengaruh terhadap kesehatan mental. Berikut akan dijelaskan mengenai tips menjaga kesehatan mental.

Tips Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Mental yang sehat akan membuat pikiran kamu menjadi positif sehingga tubuh akan berfungsi dengan baik secara emosional, psikologis, sosial dan akan mempengaruhi cara berfikir, merasakan, dan berperilaku. Berikut adalah berbagai tips menjaga kesehatan mental:

1. Olahraga Secara Rutin

Olahraga secara rutin dapat menjadi salah satu cara menjaga kesehatan mental. Pada saat olahraga, tubuh akan melepaskan zat endorfin yang dapat meningkatkan rasa bahagia.

Tidak perlu harus pergi ke pusat kebugaran, kamu bisa coba lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, atau yoga beberapa kali dalam seminggu. Selain sebagai penagkal stres, olahraga turut menjaga berat badan tetap stabil dan menyehatkan tubuh.

2. Tidur yang Cukup Setiap Hari

Kamu masih menyepelekan tidur cukup di malam hari? Bagi kalian yang sedang menjaga kesehatan mental, pastikan tidur yang cukup selama 7-8 jam per malam, ya.

Kurang tidur ternyata dapat memengaruhi mood dan juga mental, loh. Hasil penelitian Jurnal Cureus tahun 2018, kurang tidur dapat meningkatkan emosi marah dan agresi.

Karena saat kurang tidur, otak tidak dapat berfungsi secara normal. Ketika otak tidak dapat bekerja dengan baik, reaktivitas amigdala (pusat emosi otak) tidak dapat dikendalikan dengan baik. Alhasil kalian rentan stres dan mudah emosional.

Oleh karena itu, kamu harus mendapatkan istirahat yang cukup setiap hari. Tidur yang cukup sangat penting untuk memulihkan tubuh dan pikiran kamu.

3. Makan yang Sehat dan Bergizi

Tips berikutnya untuk menjaga kesehatan mental yaitu kamu coba mengonsumsi buah, sayuran, dan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti ikan salmon dan kacang-kacangan.

Sayuran dan buah-buahan penuhi dengan nutrisi yang memberi makan setiap sel tubuh, termasuk yang mempengaruhi bahan kimia otak yang mengatur suasana hati.

Ikan salmon dan kacang-kacangan dapat meningkatkan suasana hati kamu dan mengembalikan integritas struktural pada sel-sel otak yang diperlukan untuk fungsi kognitif.

4. Selalu Berfikir Positif dalam Segala Situasi dan Kondisi

Tips menjaga kesehatan mental berikutnya adalah berfikir positif. Berfikir positif berarti proses dalam menciptakan pikiran yang baik untuk mengubah energi positif menjadi suatu kenyataan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara kamu berpikir tentang diri sendiri berpengaruh pada kejiwaan kamu. Ketika kita memandang diri dan hidup kita secara negatif, maka kita juga akan merasakan efek negatif.

Begitupun sebaliknya, jika menggunakan kata-kata yang membuat lebih positif, maka hal ini membuat kamu lebih optimis. Jadi, jangan lupa untuk selalu berfikir positif ya.

5. Menerima dan Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri berarti kamu menerima segala hal yang ada pada dirimu. Seseorang yang bisa menerima kelebihan dan kekurangan pada dirinya akan lebih mudah untuk mengendalikan emosi, saat sedang sedih, marah, dan kecewa.

Langkah awal untuk mencintai diri sendiri yaitu kamu belajar mengenal diri sendiri dan berdamai dengan kondisimu saat ini. Belajar untuk menerima apapun kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kamu.

Kamu bisa bercermin dan berbicara pada diri sendiri sebagai terapi. Katakan bahwa kamu itu berharga dan kehidupan kamu itu adalah hal penting. Jika Kamu mulai bisa menerima diri sendiri, pikiran akan lebih positif dan mengurangi stres atau depresi.

Kesimpulan

Nah, itu dia tips menjaga kesehatan mental. Jadi, mulai sekarang kamu bisa menerapkan langkah-langkah positif sederhana untuk menjaga kesehatan mental kamu.

Tags

Related Post

15 pemikiran pada “Kamu Sering Mengalami Masalah Kesehatan Mental? Yuk Simak Tips Menjaga Kesehatan Mental”

  1. menjaga kesehatan sangatlah penting bagi kesehtan. baik secara rohani dan juga secara fisik. tak jarang kesehatan mental yang rusak banyak menyebabkan terjadinya kasus-kasus kriminal hingga bunuh diri

    Balas
  2. Menjaga kesehatan mental adalah aspek penting dalam menjalani kehidupan yang seimbang dan bahagia. Dalam dunia yang terus bergerak dengan cepat ini, seringkali kita terjebak dalam tekanan, stres, dan tuntutan sehari-hari yang dapat mengganggu kesejahteraan mental kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memprioritaskan dan merawat kesehatan mental kita

    Balas
  3. Terimakasih telah memberikan Tips Menjaga Kesehatan Mental untuk para remaja yang sedang banyak banyaknya mengalami stres serta banyak tekanan dengan ini kami menjadi lebih bisa tau bagaimana cara untuk menjaga kesehatan mental tersebut.

    Balas
  4. Setuju dengan pernyataan menjaga kesehatan mental, pastikan tidur yang cukup selama 7-8 jam per malam, ya.

    Kurang tidur ternyata dapat memengaruhi mood dan juga mental, loh. Hasil penelitian Jurnal Cureus tahun 2018, kurang tidur dapat meningkatkan emosi marah dan agresi.

    Karena saat kurang tidur, otak tidak dapat berfungsi secara normal. Ketika otak tidak dapat bekerja dengan baik, reaktivitas amigdala (pusat emosi otak) tidak dapat dikendalikan dengan baik. Alhasil kalian rentan stres dan mudah emosional.

    Balas
  5. Menjaga kesehatan mental sama dengan mengelola diri dari hal hal yang membuat kita stress dan lain sebagainya, maka dari itu kesehatan mental adalah hal yang sangat penting bagi diri kita.

    Balas
  6. Menjaga kesehatan mental sama dengan mengelola diri dari hal hal yang membuat kita stres dan lain sebagainya, maka dari itu kesehatan mental adalah hal yang sangat penting bagi diri kita.

    Balas

Tinggalkan komentar