Gandeng IGRA, STAI Kuningan Gelar Workshop Penyusunan CP-ATP Kumer RA

Admin STAIKU

Kuningan, 10 Juli 2024 – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kuningan bekerja sama dengan Ikatan Guru Raudlotul Atfhal (IGRA) Kabupaten Kuningan untuk menyelenggarakan Workshop Strategi Penyusunan CP-ATP Kurikulum Merdeka. Kegiatan yang diikuti oleh ratusan peserta perwakilan PC IGRA Se-Kabupaten Kuningan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 9 Juli 2024 di Aula Gedung STAI Kuningan.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru Raudhatul Athfal (RA) dalam menyusun Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Acuan Tujuan Pembelajaran (ATP) Kurikulum Merdeka.

Acara ini dihadiri oleh Drs. H. Ahmad Handiman Romdoni, M.Si., selaku Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kuningan, Imam Sunandar, ST., Kepala Seksi Mapenda, serta Drs. H. Andi Rahmat, M.Pd.I., Pokjawas Kabupaten Kuningan. Turut hadir juga Idah Faridah Maryam, S.Pd.I., selaku Ketua IGRA Kabupaten Kuningan, dan Teti Rosdianawati, M.Si., Korwas RA., serta Ketua PC IGRA Se-Kabupaten Kuningan.

Dalam sambutannya, Ketua STAI Kuningan, Dedy Setiawan, ME menyampaikan apresiasinya kepada IGRA Kabupaten Kuningan yang telah bermitra dengan STAI Kuningan dalam menyelenggarakan workshop ini. “STAI Kuningan berkomitmen untuk membantu para guru RA dalam meningkatkan kompetensinya, khususnya dalam penyusunan CP-ATP Kurikulum Merdeka,” ujar Dedy Setiawan.

Sementara itu, Ketua IGRA Kab. Kuningan, Idah Faridah Maryam, S.Pd.I, mengatakan bahwa workshop ini sangat bermanfaat bagi para guru RA dalam memahami dan menerapkan Kurikulum Merdeka. “Kurikulum Merdeka memberikan otonomi yang lebih besar kepada guru dalam merancang pembelajaran, sehingga perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai,” tutur Idah Faridah.

Kepala Kemenag Kabupaten Kuningan, Drs. H. Ahmad Handiman Romdoni, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar para guru RA dapat mengikuti workshop ini dengan seksama dan menerapkan ilmunya di sekolah masing-masing. “Kurikulum Merdeka adalah sebuah perubahan besar dalam dunia pendidikan, dan para guru RA harus siap untuk mengimplementasikannya,” tandas H. Ahmad Handiman.

Workshop ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang Kurikulum Merdeka, yaitu Andri Hardiyana, M.Pd.I, Dosen PIAUD UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Dalam materinya, Andri Hardiyana menjelaskan tentang konsep Kurikulum Merdeka, komponen-komponen CP-ATP, dan strategi penyusunan CP-ATP yang efektif.

Para peserta workshop tampak antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh narasumber. Mereka juga banyak mengajukan pertanyaan dan berdiskusi dengan narasumber.

Workshop ini diharapkan dapat membantu para guru RA dalam menyusun CP-ATP Kurikulum Merdeka dengan baik, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di RA.

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar