Contoh Judul Skripsi Pendidikan Agama Islam

Berikut adalah 100+ contoh judul skripsi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang bisa menjadi referensi buat kamu. Simak sampai habis ya.

Skripsi merupakan karya ilmiah penting dalam menuntaskan studi S1. Bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), memilih judul skripsi yang tepat adalah langkah awal yang menentukan arah dan kualitas penelitian.

Tahun 2025 membawa tantangan dan peluang baru, mendorong para calon sarjana PAI untuk menjelajahi area penelitian yang lebih inovatif dan adaptif.

Artikel ini hadir untuk memberikan inspirasi, menyajikan lebih dari 100 contoh judul skripsi PAI terbaru yang mencakup berbagai fokus dan metodologi.

Artikel ini menyajikan lebih dari 100 judul skripsi PAI, mulai dari pendekatan kualitatif, kuantitatif, hingga metode campuran (mix method).

100+ Contoh Judul Skripsi Pendidikan Agama Islam (PAI) Semua Metode Penelitian

1. Judul Skripsi PAI Metode Kualitatif

Metode ini cocok untuk mengeksplorasi makna, pengalaman, nilai-nilai, dan fenomena keagamaan secara mendalam.

 A. Sekolah & Guru

  1. Strategi Guru PAI dalam Membentuk Karakter Islami Siswa di SMP
  2. Metode Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Cerita Islami
  3. Peran Guru PAI sebagai Teladan dalam Pembelajaran Daring
  4. Penggunaan Metode Musyawarah dalam Pengajaran Fiqih
  5. Persepsi Siswa terhadap Pengajaran Akhlak di Sekolah Negeri

B. Pesantren & Lembaga Keagamaan

  1. Pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Tradisional
  2. Internalisasi Nilai Tawadhu dalam Tradisi Pesantren
  3. Konstruksi Relasi Santri dan Kiai di Pesantren Salafiyah
  4. Dinamika Kehidupan Santri Baru di Tahun Pertama Belajar
  5. Peran Majelis Taklim dalam Meningkatkan Pengetahuan Agama Ibu Rumah Tangga

C. Keluarga & Masyarakat

  1. Pola Pendidikan Agama dalam Keluarga Muslim Perkotaan
  2. Implementasi Nilai Islam dalam Keluarga Multikultural
  3. Tradisi Tahlilan dan Nilai Pendidikan Islam di Masyarakat Jawa
  4. Persepsi Remaja tentang Hijrah di Era Media Sosial
  5. Praktik Shalat Berjamaah dalam Membentuk Disiplin Anak

D. Mahasiswa & Dakwah

  1. Motivasi Mahasiswa PAI dalam Menjadi Guru Ngaji
  2. Pengalaman Spiritualitas Mahasiswa Hijrah
  3. Makna Dakwah Kampus bagi Mahasiswa Non-Aktivis
  4. Studi Kasus: Kajian Islam Mingguan di Lingkungan Mahasiswa
  5. Refleksi Pengalaman Mengajar PAI di Sekolah Non-Muslim

2. Judul Skripsi PAI Metode Kuantitatif

Penelitian ini fokus pada data numerik, hubungan antar variabel, dan analisis statistik.

A. Pembelajaran & Prestasi

  1. Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Hasil Belajar PAI
  2. Hubungan Antara Minat Belajar dan Prestasi Siswa dalam Mata Pelajaran PAI
  3. Pengaruh Motivasi Religius terhadap Disiplin Ibadah Siswa
  4. Efektivitas Model Cooperative Learning dalam Pembelajaran Fiqih
  5. Hubungan Pemahaman Akhlak dan Perilaku Siswa di Sekolah Islam

B. Kepribadian & Nilai Islami

  1. Pengaruh Pendidikan Karakter Islam terhadap Kedisiplinan Belajar
  2. Hubungan Antara Aktivitas Rohis dan Nilai-nilai Tanggung Jawab
  3. Korelasi Antara Pemahaman Nilai Tauhid dan Sikap Toleransi Antarumat Beragama
  4. Pengaruh Pembelajaran Hadis terhadap Perilaku Sehari-hari Siswa
  5. Hubungan Antara Kegiatan Tadarus dan Nilai Spiritual Siswa

C. Lingkungan & Sosial

  1. Pengaruh Lingkungan Sekolah Islami terhadap Perilaku Religius
  2. Hubungan Antara Interaksi dengan Teman Sebaya dan Sikap Keberagamaan
  3. Pengaruh Kegiatan Keagamaan Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa
  4. Pengaruh Penggunaan TikTok Religi terhadap Pengetahuan Keislaman
  5. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kegiatan Keagamaan

3. Judul Skripsi PAI Metode Mix Method (Campuran)

Gabungan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk memahami data statistik sekaligus makna di baliknya.

  1. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Persepsi Siswa terhadap Pemahaman Materi Akidah
  2. Pengaruh Program Shalat Dhuha Sekolah dan Makna Spiritual Siswa terhadap Kedisiplinan
  3. Efektivitas Kegiatan Keagamaan Sekolah dan Persepsi Guru terhadap Pembentukan Karakter Islami
  4. Hubungan Gaya Mengajar Guru PAI dan Respons Siswa, Ditinjau dari Perspektif Interpersonal
  5. Studi Mix Method tentang Efektivitas Media YouTube Islami dalam Pembelajaran Akhlak

4. Judul Skripsi PAI Berdasarkan Tema Khusus

A. Karakter & Akhlak

  1. Pendidikan Akhlak Melalui Keteladanan Guru
  2. Nilai-nilai Kesabaran dalam Kisah Nabi dalam Al-Qur’an (Studi Tafsir Tematik)
  3. Strategi Pembentukan Karakter Islami melalui Ekstrakurikuler Rohis
  4. Internalisasi Nilai Tanggung Jawab dalam Pembelajaran PAI

B. Teknologi & Media

  1. Pengaruh YouTube Dakwah terhadap Gaya Hidup Keislaman Remaja
  2. Media Instagram sebagai Sarana Edukasi Islam bagi Siswa SMA
  3. Strategi Guru dalam Menggunakan TikTok Islami untuk Edukasi Akhlak
  4. Pemanfaatan Podcast Islami dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Mahasiswa

C. Pendidikan Inklusif

  1. Pembelajaran PAI pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif
  2. Strategi Guru PAI dalam Mengajar Anak Tuna Netra
  3. Persepsi Siswa Disabilitas terhadap Mata Pelajaran PAI
  4. Peran Guru Pendamping dalam Pembelajaran PAI di SLB

Tambahan 50+ Judul Lainnya

  1. Implementasi Nilai Toleransi dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Multikultural
  2. Praktik Dakwah Mahasiswa PAI di Komunitas Minoritas Muslim
  3. Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Harian
  4. Efektivitas Program Tahfiz di Sekolah Dasar Islam
  5. Integrasi Kurikulum PAI dan Kurikulum Nasional
  6. Strategi Guru Menghadapi Tantangan Moral Remaja di Era Digital
  7. Pendidikan Multikultural Perspektif Islam dalam Kurikulum PAI
  8. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Materi Fiqih
  9. Pengaruh Pendekatan Spiritual terhadap Kesehatan Mental Siswa
  10. Pendidikan Islam Perspektif Kearifan Lokal
  11. Makna Haji dalam Pandangan Siswa Kelas XII
  12. Studi Perbandingan Nilai Pendidikan dalam Surah Luqman dan Praktik Kelas
  13. Model Pembelajaran Terpadu untuk Pendidikan Agama dan Sains
  14. Resiliensi Spiritual Mahasiswa di Tengah Krisis Moral
  15. Kajian Dakwah Virtual: Tantangan dan Peluang
  16. Pola Pendidikan Agama dalam Komunitas Muslim Minoritas
  17. Metode Ceramah vs Diskusi dalam Meningkatkan Daya Ingat Materi
  18. Kajian Ayat-Ayat tentang Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an
  19. Efektivitas Pendidikan Agama Islam melalui Home Schooling
  20. Pola Asuh Islami dalam Keluarga Milenial
  21. Studi Komparatif Pengajaran PAI di Sekolah Negeri dan Madrasah
  22. Peran Ulama Lokal dalam Pendidikan Islam di Masyarakat Desa
  23. Pendidikan Islam Berbasis Gender dalam Perspektif Kurikulum Nasional
  24. Studi Analisis Nilai-nilai Pendidikan dalam Film Islami
  25. Dampak Game Islami terhadap Pengetahuan Agama Anak SD
  26. Implementasi Pendidikan Islam dalam Komunitas Muslim Diaspora
  27. Kualitas Interaksi Guru-Siswa dalam Pembelajaran Akhlak
  28. Analisis Kurikulum PAI di Masa Pandemi
  29. Praktik Pendidikan Agama Islam di Lembaga Pemasyarakatan
  30. Kajian Nilai Pendidikan dalam Tradisi Maulid Nabi
  31. Strategi Guru dalam Menanamkan Aqidah Ahlussunnah wal Jamaah
  32. Pemanfaatan QR Code dalam Pembelajaran Interaktif PAI
  33. Sikap Siswa terhadap Program Wajib Ngaji di Sekolah
  34. Analisis Gender dalam Buku Teks PAI
  35. Studi Kasus Guru PAI sebagai Penceramah Komunitas
  36. Pendidikan Akhlak dalam Tradisi Pengajian Kampung
  37. Pengaruh Latihan Shalat terhadap Konsentrasi Belajar Siswa
  38. Analisis Kurikulum Darurat PAI di Masa Bencana
  39. Studi Interdisipliner: Agama dan Sosiologi Pendidikan
  40. Pengembangan Modul Interaktif Materi Sejarah Islam
  41. Pola Interaksi Dakwah di Media Sosial oleh Mahasiswa PAI
  42. Pendidikan Nilai Islam dalam Kegiatan Pramuka
  43. Pemahaman Anak terhadap Konsep Surga dan Neraka
  44. Peran Dosen PAI dalam Meningkatkan Karakter Mahasiswa
  45. Strategi Guru Menangani Siswa Anti-Pelajaran Agama
  46. Tradisi Sedekah dan Nilai Pendidikan Islam
  47. Pendidikan Islam dalam Perspektif Habermas
  48. Integrasi Nilai-nilai Al-Qur’an dalam Kegiatan Literasi Sekolah
  49. Model Pembelajaran Blended Learning dalam Pendidikan Agama Islam

Bagaimana Memilih Judul Skripsi yang Tepat?

Sebelum menyelami daftar judul, ada beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih judul skripsi:

  1. Minat dan Passion

Pilihlah topik yang benar-benar Anda minati. Ini akan membuat proses penelitian lebih menyenangkan dan mengurangi kemungkinan Anda merasa bosan di tengah jalan.

  1. Relevansi dan Urgensi

Apakah topik Anda relevan dengan isu-isu terkini dalam pendidikan Islam? Apakah ada urgensi untuk meneliti masalah tersebut?

  1. Ketersediaan Data

Pastikan Anda memiliki akses ke data yang diperlukan (responden, dokumen, literatur, dll.) untuk mendukung penelitian Anda.

  1. Bimbingan Dosen

Diskusikan ide-ide Anda dengan dosen pembimbing. Mereka dapat memberikan masukan berharga dan membantu Anda menyempurnakan judul.

  1. Batasan Waktu dan Sumber Daya

Realistislah dengan batasan waktu dan sumber daya yang Anda miliki. Hindari topik yang terlalu luas atau membutuhkan sumber daya yang tidak dapat Anda jangkau.

  1. Originalitas

Meskipun inspirasi dari penelitian sebelumnya itu baik, usahakan untuk mencari celah atau perspektif baru yang dapat Anda teliti.

Penutup

Daftar 100+ judul skripsi PAI semua metode penelitian ini hanyalah sebagian kecil dari potensi penelitian yang dapat Anda eksplorasi.

Ingatlah bahwa kunci utama adalah menemukan topik yang benar-benar Anda minati dan memiliki potensi untuk memberikan kontribusi berharga bagi pengembangan ilmu pendidikan Islam.

Selamat meneliti dan semoga sukses dalam penyelesaian skripsi Anda!

FAQ

Bagaimana cara memilih judul skripsi PAI yang bagus dan tidak ditolak dosen?

Jawaban:
Pilih judul yang:

  • Sesuai minat pribadi agar semangat meneliti.
  • Relevan dengan isu terkini (misalnya: dakwah digital, pendidikan karakter, atau moderasi beragama).
  • Objeknya mudah diakses (misalnya sekolah, pesantren, masjid terdekat).
  • Memiliki arah metode yang jelas (kualitatif, kuantitatif, atau mix).
  • Selalu diskusikan draft awal judul dengan dosen pembimbing sejak awal.

Apakah boleh mengambil judul skripsi yang sudah pernah diteliti orang lain?

Jawaban:
Boleh, asal tidak 100% sama. Kamu bisa:

  • Mengubah lokasi penelitian
  • Mengganti metode atau pendekatan
  • Menambah variabel baru
  • Memperdalam aspek tertentu dari penelitian sebelumnya

Ini disebut pengembangan penelitian terdahulu dan justru sering disarankan.

Lebih baik pakai metode kualitatif, kuantitatif, atau campuran (mix)?

Jawaban:
Tergantung topik:

  • Kualitatif: jika fokus pada makna, pemahaman, pengalaman (contoh: peran guru, makna hijrah, internalisasi nilai).
  • Kuantitatif: jika ingin menguji hubungan variabel dengan data numerik (contoh: pengaruh media, hubungan minat dan prestasi).
  • Mix Method: jika ingin data kuat secara statistik dan naratif (contoh: efektivitas program + wawancara siswa/guru).

Apa ciri-ciri judul skripsi yang terlalu luas dan harus dihindari?

Jawaban:
Judul terlalu luas jika:

  • Tidak menyebut lokasi/objek secara spesifik
  • Mengandung topik yang terlalu umum seperti “Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Karakter Bangsa”
  • Tidak bisa dijawab dalam waktu 4-6 bulan

Solusi: gunakan batasan jelas seperti jenjang pendidikan, lokasi, subjek, waktu, atau metode tertentu.

Bisakah saya membuat skripsi dari pengalaman KKN atau Praktik Lapangan?

Jawaban:
Bisa banget! Justru itu salah satu strategi cerdas. Contohnya:

  • Meneliti program keagamaan di lokasi KKN
  • Mengamati praktik pembelajaran PAI saat PLP
  • Mengangkat kasus pendidikan akhlak dari pengalaman nyata di lapangan

Pastikan pengalaman tersebut didukung data dan observasi sistematis, agar bisa dijadikan penelitian ilmiah.

Tinggalkan komentar