Calon Mahasiswa Ekonomi Syariah, Ini Hal Penting yang Perlu Diketahui

Admin STAIKU

Ekonomi syariah merupakan bidang yang semakin berkembang dan menarik minat banyak calon mahasiswa. Bukan tanpa alasan hal itu terjadi. Pasalnya, Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama islam. Hal tersebut tentu membuat kebutuhan masyarakat akan prinsip-prinsip ekonomi yang berlandaskan pada hukum Islam cukup tinggi.  

Berangkat dari hal tersebut, bidang ekonomi syariah memiliki potensi yang cukup tinggi dan memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan. Oleh karena itu, bagi kamu yang masih ragu untuk memilih jurusan ekonomi syariah, berikut adalah hal-hal penting yang perlu diketahui:  

Ilmu yang Akan di Pelajari

Di jurusan Ekonomi Syariah, mahasiswa akan mempelajari berbagai mata kuliah yang berhubungan dengan aspek ekonomi dan keuangan syariah. Berikut adalah beberapa contoh mata kuliah yang umumnya diajarkan dalam program studi Ekonomi Syariah:

1. Pengantar Ekonomi Islam

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dasar tentang konsep dan prinsip-prinsip ekonomi syariah, serta perbedaannya dengan ekonomi konvensional.

2. Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah

Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip dasar yang mendasari ekonomi syariah, seperti larangan riba, larangan maysir (perjudian), larangan gharar (ketidakpastian berlebihan), dan lain-lain.

3. Keuangan Islam

Mata kuliah ini mempelajari instrumen keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah, seperti mudharabah, musyarakah, wakalah, sukuk, takaful, dan lain-lain.

4. Perbankan Syariah

Mata kuliah ini membahas sistem perbankan syariah, termasuk prinsip-prinsip yang mengatur kegiatan perbankan syariah, produk-produk perbankan syariah, manajemen risiko, dan tata kelola perbankan syariah.

5. Asuransi Syariah

Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip asuransi syariah, produk-produk asuransi syariah, manajemen risiko dalam asuransi syariah, dan tata kelola asuransi syariah.

Baca Juga:

Monitoring dan Evaluasi PTKIS Kopertais Wilayah II Jawa Barat di STAI Kuningan

6. Investasi dan Pasar Modal Syariah

Mata kuliah ini mempelajari prinsip-prinsip investasi syariah, produk-produk investasi syariah, pasar modal syariah, dan manajemen portofolio syariah.

7. Akuntansi Syariah

Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip akuntansi syariah, metode pengukuran keuangan syariah, dan penerapan akuntansi syariah dalam entitas bisnis.

8. Etika Bisnis dan Ekonomi Syariah

Mata kuliah ini membahas nilai-nilai etika dalam bisnis dan ekonomi syariah, serta tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam konteks ekonomi syariah.

9. Hukum Islam dan Ekonomi

Mata kuliah ini membahas hubungan antara hukum Islam dengan ekonomi, termasuk hukum kontrak, hukum perbankan syariah, hukum perusahaan syariah, dan hukum pasar modal syariah.

10. Manajemen Keuangan Syariah

Mata kuliah ini mempelajari prinsip-prinsip manajemen keuangan dalam konteks ekonomi syariah, termasuk analisis keuangan syariah, manajemen risiko keuangan syariah, dan pengambilan keputusan investasi yang berlandaskan pada prinsip syariah.

Selain mata kuliah diatas, terdapat juga mata kuliah pilihan yang lebih spesifik sesuai dengan minat dan kebutuhan mahasiswa, seperti Ekonomi dan Pembangunan Islam, Ekonomi Mikro Syariah, Ekonomi Makro Syariah, dan lain-lain.

Program Studi Ekonomi Syariah bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang konsep dan aplikasi ekonomi syariah, serta mempersiapkan mahasiswa untuk karir di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

Itulah beberapa hal yang wajib diketahui bagi kamu calon mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah agar tidak kaget dan bisa mempersiapkan diri untuk memaksimalkan perkuliahan nanti.

Jurusan Ekonomi Syariah di STAI Kuningan

Bagi kamu yang ingin memilih Program Studi Ekonomi Syariah, STAI Kuningan bisa menjadi pilihan tepat. Dengan biaya kuliah terjangkau, STAI Kuningan menawarkan Program Studi Ekonomi Syariah dengan lingkungan kampus yang menyenangkan.

Profil lulusan Ekonomi Syariah di STAI Kuningan sangat menjanjikan, yaitu Enterpreneur Star Up, Digital Marketer Expert, Expert Financial, serta Financial Planner. Untuk prospek kerjanya yaitu menjadi Pengusaha, Praktisi Lembaga Keuangan Dan Bisnis Syariah, PNS Kementerian Agama serta Tenaga Pengajar Ekonomi Syariah.

Sebagai infomasi, saat ini STAI Kuningan telah membuka gelombang ketiga Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) sejak 1 Juni 2023 hingga 31 Agustus 2023 mendatang.

Untuk melakukan pendaftaran online, akses laman pmb.staiku.ac.id. Untuk informasi lebih lanjut tentang STAI Kuningan, dapat diaskses melalui laman resmi staiku.ac.id.

Related Post

Tinggalkan komentar