100+ Judul Skripsi PG PAUD

Hai para calon guru PAUD yang hebat! Berikut adalah lebih dari 100 judul skripsi PG PAUD yang bisa jadi inspirasi buat kamu, yuk simak:

100+ Judul Skripsi PG PAUD

Tahukah kamu, skripsi itu bukan cuma sekadar syarat lulus, tapi juga kesempatan emas buat kamu menggali lebih dalam soal dunia anak usia dini yang super seru ini.

Dari perkembangan motorik kasar sampai kreativitas anak, semua bisa jadi topik yang menarik untuk diteliti.

Mungkin sekarang kamu lagi mikir keras, “Judul skripsiku apa ya?” Tenang, kamu enggak sendirian!

Banyak kok yang merasakan hal yang sama. Nah, biar kamu enggak pusing tujuh keliling, di sini sudah terkumpul lebih dari 100 judul skripsi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) yang bisa banget jadi panduanmu. Yuk, intip satu per satu!

Perkembangan Anak (Kognitif, Fisik-Motorik, Sosial-Emosional, Bahasa, Seni)

  1. Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Tradisional pada Anak Usia 5-6 Tahun.
  2. Pengembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase Bahan Alam.
  3. Efektivitas Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak.
  4. Pengaruh Kegiatan Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun.
  5. Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Melukis dengan Media Finger Painting.
  6. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak Usia Dini.
  7. Peran Bermain Balok Terhadap Perkembangan Kognitif dan Motorik Kasar Anak.
  8. Pengaruh Pembiasaan Mendengarkan Musik Klasik Terhadap Perkembangan Bahasa Ekspresif Anak.
  9. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Flashcard Bergambar pada Anak Usia 5-6 Tahun.
  10. Studi Komparatif Perkembangan Moral Anak Usia Dini yang Mengikuti PAUD Formal dan Non-Formal.

Metode & Strategi Pembelajaran PAUD

  1. Penerapan Metode Sentra dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak.
  2. Efektivitas Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Anak Usia Dini.
  3. Penggunaan Media Loose Parts untuk Mengoptimalkan Kreativitas Anak di Sentra Persiapan.
  4. Strategi Guru dalam Mengelola Kelas Inklusif pada Anak Usia Dini.
  5. Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Melalui Metode Bermain Kelompok.
  6. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) dalam Mengembangkan Keterampilan Anak.
  7. Peran Metode Outing Class Terhadap Pengenalan Lingkungan Sekitar pada Anak Usia Dini.
  8. Keefektifan Pembelajaran Tematik dalam Menstimulasi Berbagai Aspek Perkembangan Anak.
  9. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kerjasama Anak.
  10. Strategi Guru dalam Menangani Anak dengan Kebutuhan Khusus di PAUD Reguler.

Media Pembelajaran & APE (Alat Permainan Edukatif)

  1. Pengembangan APE dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk dan Warna.
  2. Desain Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android untuk Pengenalan Angka.
  3. Pemanfaatan Digital Storytelling sebagai Media Pembelajaran Bahasa pada Anak Usia Dini.
  4. Efektivitas Penggunaan Wayang Kardus dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Anak.
  5. Inovasi Media Pembelajaran Sains Sederhana untuk Anak Usia Dini.
  6. Pengembangan Kartu Bergambar Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Kosakata Anak.
  7. Pemanfaatan Bahan Alam (Daun, Batu, Ranting) sebagai Media Pembelajaran Kreativitas.
  8. Desain dan Uji Coba Media Puzzle Huruf untuk Stimulasi Kemampuan Membaca Awal.
  9. Efektivitas Penggunaan Video Edukasi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Anak.
  10. Pengembangan Media Pembelajaran Sensori untuk Stimulasi Panca Indera Anak Usia Dini.

Kurikulum & Program PAUD

  1. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD: Tantangan dan Peluang.
  2. Evaluasi Program Pembiasaan Karakter Religius pada Anak Usia Dini.
  3. Peran Kurikulum Berbasis Lingkungan dalam Mengembangkan Kesadaran Lingkungan pada Anak.
  4. Studi Komparatif Desain Kurikulum PAUD di Pedesaan dan Perkotaan.
  5. Analisis Kebutuhan Orang Tua Terhadap Program Parenting Education di PAUD.
  6. Pengembangan Program Layanan Gizi dan Kesehatan untuk Anak Usia Dini di PAUD.
  7. Implementasi Program Pembiasaan Kemandirian Anak Usia Dini di Sekolah.
  8. Evaluasi Efektivitas Program Stimulasi Motorik Kasar di PAUD.
  9. Analisis Keselarasan Kurikulum PAUD dengan Tahap Perkembangan Anak.
  10. Pengembangan Model Pembelajaran PAUD Berbasis Kecerdasan Majemuk.

Peran Guru & Orang Tua

  1. Kompetensi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini.
  2. Peran Orang Tua dalam Mendampingi Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Selama Pandemi.
  3. Strategi Guru dalam Membangun Komunikasi Efektif dengan Orang Tua Murid PAUD.
  4. Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak di PAUD.
  5. Upaya Guru PAUD dalam Mengatasi Perilaku Agresif pada Anak Usia Dini.
  6. Persepsi Orang Tua Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan di PAUD.
  7. Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Berbasis Proyek.
  8. Analisis Dukungan Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di Rumah.
  9. Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD Melalui Pelatihan Berkelanjutan.
  10. Studi Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini.

Manajemen & Administrasi PAUD

  1. Analisis Manajemen Sarana dan Prasarana di Lembaga PAUD.
  2. Strategi Pemasaran PAUD dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik.
  3. Implementasi Manajemen Keuangan yang Efektif di Lembaga PAUD.
  4. Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di PAUD.
  5. Analisis Iklim Kerja Guru di Lembaga PAUD dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja.
  6. Peningkatan Mutu Pelayanan PAUD Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah.
  7. Studi Perencanaan dan Pengelolaan Program Ekstrakurikuler di PAUD.
  8. Analisis Efektivitas Sistem Informasi Manajemen PAUD.
  9. Strategi Rekrutmen dan Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di PAUD.
  10. Evaluasi Pengelolaan Lingkungan Belajar yang Kondusif di PAUD.

Kesehatan & Gizi Anak Usia Dini

  1. Hubungan Antara Asupan Gizi dengan Status Gizi Anak Usia Dini di PAUD.
  2. Pengetahuan Guru PAUD tentang Penanganan Pertama pada Kecelakaan Anak.
  3. Peran PAUD dalam Mengedukasi Orang Tua Mengenai Pentingnya Imunisasi Anak.
  4. Kebiasaan Cuci Tangan pada Anak Usia Dini dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan.
  5. Analisis Program Pemeriksaan Kesehatan Rutin di Lembaga PAUD.
  6. Edukasi Gizi Seimbang Melalui Media Cerita Bergambar pada Anak Usia Dini.
  7. Pengaruh Stimulasi Gerak dan Lagu Terhadap Pertumbuhan Fisik Anak.
  8. Studi Kebiasaan Makan Anak Usia Dini di Lingkungan PAUD.
  9. Peran Guru dalam Mengatasi Permasalahan Sanitasi dan Kebersihan di PAUD.
  10. Sosialisasi Pentingnya Sarapan Sehat Bagi Anak Usia Dini di Sekolah.

Psikologi Perkembangan Anak

  1. Studi Kasus Perilaku Temper Tantrum pada Anak Usia Dini dan Penanganannya.
  2. Peran Bermain Bebas dalam Mengembangkan Kemandirian dan Kepercayaan Diri Anak.
  3. Analisis Pola Interaksi Sosial Anak Usia Dini di Lingkungan Bermain.
  4. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Karakter Anak.
  5. Studi Perkembangan Moral Anak Usia Dini Berdasarkan Teori Kohlberg.
  6. Peran Guru dalam Mengembangkan Konsep Diri Positif pada Anak Usia Dini.
  7. Analisis Perilaku Bullying Ringan pada Anak Usia Dini dan Upaya Pencegahannya.
  8. Hubungan Antara Kelekatan (Attachment) dengan Keterampilan Sosial Anak.
  9. Studi Kasus Perkembangan Bahasa Anak dengan Keterlambatan Bicara.
  10. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini.

Inklusi & ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)

  1. Strategi Guru dalam Pembelajaran Anak Autisme di Sekolah Inklusi.
  2. Peran Dukungan Sosial Terhadap Adaptasi Anak Down Syndrome di PAUD.
  3. Pengembangan Program Individual (Individualized Education Program/IEP) untuk Anak Berkebutuhan Khusus.
  4. Analisis Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus.
  5. Efektivitas Media Komunikasi Alternatif untuk Anak dengan Gangguan Bicara.
  6. Pelatihan Guru PAUD dalam Mengidentifikasi Ciri-ciri Anak Berkebutuhan Khusus.
  7. Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Tunanetra Melalui Kegiatan Bermain.
  8. Studi Kasus Penanganan Anak dengan ADHD di Kelas PAUD.
  9. Peran Komunitas dalam Mendukung Program Pendidikan Inklusi PAUD.
  10. Pengembangan APE Adaptif untuk Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD.

Topik Lanjutan & Inovatif

  1. Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Pengenalan Objek.
  2. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Daring untuk Anak Usia Dini.
  3. Studi Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau sebagai Sumber Belajar PAUD.
  4. Analisis Pengaruh Musik Tradisional Terhadap Perkembangan Motorik Anak.
  5. Pengembangan Permainan Digital Edukatif untuk Stimulasi Kognitif Anak.
  6. Peran Bercocok Tanam Sederhana dalam Mengembangkan Rasa Tanggung Jawab Anak.
  7. Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Pembelajaran PAUD.
  8. Analisis Peran Ayah dalam Pendidikan Anak Usia Dini.
  9. Pengembangan Model Pembelajaran Holistik untuk Anak Usia Dini.
  10. Studi Kasus Penerapan Forest School di Lingkungan PAUD.
  11. Pengaruh Kegiatan Mendongeng Berbasis Budaya Lokal Terhadap Pembentukan Karakter Anak.
  12. Strategi Guru dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Sejak Dini.

PENUTUP

Gimana, sudah mulai terbayang mau meneliti apa? Ingat ya, kunci dari skripsi yang sukses itu adalah minat dan passion kamu sendiri.

Pilih judul yang benar-benar kamu suka dan membuatmu penasaran untuk menggali lebih dalam. Dengan begitu, prosesnya akan jadi lebih menyenangkan dan hasil akhirnya pun pasti memuaskan.

Selamat berjuang meneliti dan semoga sukses meraih gelar sarjana PG PAUD!

Tinggalkan komentar