Halo para calon guru SD yang luar biasa, berikut ini ada lebih dari 200 judul skripsi PGSD yang bisa jadi inspirasi buat kamu.
200+ Contoh Judul Skripsi PGSD
Sebentar lagi, kamu akan menghadapi salah satu tahapan penting dalam perjalanan akademikmu: skripsi. Pasti ada rasa deg-degan, penasaran, dan mungkin sedikit bingung mau meneliti apa.
Maklum, dunia pendidikan dasar itu luas sekali, dari cara mengajar, media pembelajaran, sampai perkembangan karakter anak-anak yang unik.
Mencari judul skripsi yang pas itu memang gampang-gampang susah. Kamu perlu menemukan topik yang menarik, relevan, dan tentunya bisa kamu teliti dengan baik.
Nah, biar kamu enggak pusing sendiri, di sini sudah terkumpul lebih dari 100 judul skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang bisa banget jadi panduanmu. Yuk, mari kita intip bersama!
A. Judul Skripsi PGSD – Metode Kualitatif
- Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Disiplin pada Siswa Kelas Rendah
- Implementasi Model Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD
- Peran Guru dalam Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa
- Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika di Kelas V
- Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas II
- Studi Kasus Perilaku Sosial Anak Akibat Penggunaan Gadget Berlebih
- Implementasi Pendidikan Inklusif pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar
- Strategi Guru dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas I
- Penerapan Pembelajaran Berbasis Lingkungan dalam Tema “Makhluk Hidup dan Lingkungannya”
- Peran Orang Tua dalam Mendukung Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar
- Pengembangan Sikap Toleransi Siswa Melalui Kegiatan Gotong Royong
- Upaya Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Pemberian Tugas Terstruktur
- Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran
- Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD
- Studi Fenomenologi Tentang Kecemasan Anak dalam Mengikuti Ujian Sekolah
- Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA Kelas VI
- Pembinaan Karakter Siswa Melalui Lagu-Lagu Nasional
- Strategi Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Seni
- Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika di Kelas III
- Studi Kasus Perkembangan Moral Anak di SD Berbasis Pesantren
B. Judul Skripsi PGSD – Metode Kuantitatif
- Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
- Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V
- Pengaruh Media Audio Visual terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV
- Efektivitas Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Matematika
- Pengaruh Penggunaan Mind Mapping terhadap Daya Ingat Siswa
- Hubungan Antara Gaya Belajar Visual dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia
- Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book terhadap Minat Baca Siswa
- Hubungan Antara Kedisiplinan Siswa dan Prestasi Belajar Matematika
- Pengaruh Pembelajaran Berbasis Game Edukasi terhadap Kemampuan Literasi Digital
- Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Prestasi Belajar Anak
- Efektivitas Metode Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA
- Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II
- Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Menulis Karangan Narasi
- Pengaruh Pembelajaran Outdoor terhadap Pemahaman Tema Alam Sekitar
- Hubungan Antara Dukungan Orang Tua dan Kemandirian Belajar Siswa
- Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Minat Belajar IPA
- Hubungan Antara Penggunaan Gadget dan Kemampuan Sosialisasi Siswa
- Pengaruh Model Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara
- Hubungan Antara Pola Makan dengan Konsentrasi Belajar Siswa SD
- Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Pecahan
C. Judul Skripsi PGSD – Mix Method (Gabungan Kualitatif dan Kuantitatif)
- Efektivitas Penggunaan Media Big Book terhadap Peningkatan Literasi Siswa Kelas I
- Analisis Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Tema Teknologi
- Evaluasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Matematika
- Efektivitas Media Puzzle terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar
- Pengaruh dan Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Berbasis Teknologi di Sekolah Dasar
- Efektivitas Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Jarak Jauh
- Analisis Dampak Pembelajaran Hybrid terhadap Prestasi dan Sikap Belajar Siswa
- Pengembangan Modul Tematik Berbasis Kearifan Lokal dan Uji Coba di Kelas IV
- Efektivitas Penggunaan Flashcard dan Persepsi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
- Evaluasi Program Literasi Sekolah Dasar di Masa Pascapandemi
D. Judul Tambahan Tematik (Aktual & Inspiratif)
- Penerapan Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Upacara Bendera
- Analisis Buku Teks Tematik Kelas III Berdasarkan Nilai Moral dan Sosial
- Penggunaan Lagu Daerah untuk Meningkatkan Kecintaan terhadap Budaya Lokal
- Pembelajaran Kolaboratif Guru-Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Siswa
- Integrasi Nilai Islam dalam Pelajaran Tematik Sekolah Dasar
- Implementasi Pendidikan Anti Perundungan di SD
- Studi Deskriptif Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak di Kota X
- Peningkatan Hasil Belajar melalui Game “Monopoli Matematika”
- Penanaman Nilai Disiplin melalui Program 5 Menit Sebelum Masuk Kelas
- Pengembangan Buku Cerita Anak Bermuatan Karakter Jujur dan Peduli
- Peran Guru dalam Mencegah Kekerasan Verbal di Sekolah
- Penggunaan Komik Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
- Evaluasi Proses Remedial Teaching di Sekolah Dasar Negeri X
- Penggunaan Aplikasi Canva untuk Menyusun Media Pembelajaran Interaktif
- Inovasi Pembelajaran Tematik Melalui Video Edukasi Berbasis Animasi
- Studi Korelasi antara Keaktifan Bertanya dan Hasil Belajar IPA
- Efektivitas Program Adiwiyata dalam Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan
- Implementasi Pendidikan STEM di Sekolah Dasar
- Kegiatan Literasi Sekolah sebagai Sarana Meningkatkan Daya Baca
- Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah sebagai Sumber Belajar IPA
- Analisis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Pembentukan Karakter Siswa
- Peran Guru dalam Menangani Anak dengan Hambatan Konsentrasi Belajar
- Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Android untuk Pelajaran Matematika
- Penerapan Strategi “Think-Pair-Share” dalam Pembelajaran IPS
- Studi Perbandingan Metode Ceramah dan Diskusi Terhadap Pemahaman Siswa
- Evaluasi Manajemen Kelas pada Pembelajaran Tematik di Kelas I
- Kajian Gender terhadap Partisipasi Siswa dalam Diskusi Kelompok
- Analisis Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru
- Pengaruh Program Sarapan Sehat terhadap Energi Belajar Anak
- Keterlibatan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
- Integrasi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum SD
- Penggunaan Kartu Kuartet sebagai Alat Bantu Pembelajaran Tematik
- Persepsi Guru terhadap Penggunaan Aplikasi Quizizz di Kelas V
- Studi Evaluatif Program Guru Penggerak di Sekolah Dasar
- Pengembangan Bahan Ajar Elektronik untuk Siswa Kelas IV
- Analisis Kesiapan Guru dalam Menghadapi Era Digitalisasi Sekolah Dasar
- Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Proyek
- Strategi Guru dalam Menumbuhkan Literasi Digital Sejak Dini
- Pemanfaatan Media Canva Presentasi dalam Menarik Minat Belajar Siswa
- Model Pembelajaran Hybrid Learning di Masa Transisi Pascapandemi
- Pengaruh Suasana Kelas terhadap Kenyamanan Belajar Anak
- Peran Guru dalam Membangun Etika Digital Siswa
- Kajian Tentang Etika Komunikasi Siswa dan Guru di Dunia Maya
- Pemanfaatan TikTok Edukasi sebagai Media Promosi Literasi Siswa
- Integrasi Game Edukasi Wordwall dalam Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Indonesia
- Penerapan “One Day One Book” di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Minat Baca
- Dampak Pembelajaran Online terhadap Kesehatan Mata Anak SD
- Pengaruh Warna Interior Kelas terhadap Psikologis Anak
- Efektivitas Vlog Pembelajaran dalam Mata Pelajaran IPS
- Studi Kritis tentang Relevansi Buku Tematik Kelas VI dengan Kehidupan Nyata
- Pengembangan Media Cerita Digital Interaktif Berbasis PowerPoint untuk Siswa Kelas I
E. Metode & Model Pembelajaran
- Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran IPA.
- Efektivitas Penggunaan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar pada Siswa Kelas III.
- Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Tematik.
- Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV.
- Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi PQ4R pada Siswa Kelas V.
- Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pelajaran SBdP.
- Peran Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn.
- Keefektifan Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas II.
- Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi pada Siswa Kelas V.
- Strategi Guru dalam Mengelola Kelas Multi-Grade (Kelas Rangkap) di Sekolah Dasar.
F. Media Pembelajaran & Teknologi
- Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android untuk Materi Sistem Pencernaan Manusia.
- Pemanfaatan Power Point Interaktif untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
- Efektivitas Penggunaan Video Animasi Edukasi dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas IV.
- Desain dan Implementasi Media Kartu Kata Bergambar untuk Peningkatan Kosakata Siswa Kelas I.
- Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Alat Peraga Edukatif (APE) untuk Pembelajaran Matematika.
- Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan Sekitar pada Pembelajaran IPA.
- Pengaruh Penggunaan Kahoot! (Platform Kuis Online) Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V.
- Inovasi Media Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom untuk Pembelajaran Tematik.
- Pemanfaatan Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Pengenalan Hewan pada Siswa Kelas II.
- Efektivitas Penggunaan Papan Flanel Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Siswa Kelas III.
G. Evaluasi & Penilaian Pembelajaran
- Analisis Validitas dan Reliabilitas Butir Soal Ujian Mata Pelajaran Matematika di SD.
- Pengembangan Rubrik Penilaian Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV.
- Evaluasi Efektivitas Penilaian Autentik dalam Mengukur Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa.
- Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Penggunaan Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.
- Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di Kelas V.
- Pengembangan Tes Diagnostik untuk Mengidentifikasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa Kelas II.
- Studi Komparatif Hasil Belajar Siswa Antara Penggunaan Penilaian Formatif dan Sumatif dalam Pembelajaran IPA.
- Analisis Kualitas Butir Soal AKM Literasi Membaca untuk Siswa SD.
- Evaluasi Program Remedial dan Pengayaan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
- Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berbicara untuk Siswa Kelas III.
H. Karakter & Pengembangan Diri Siswa
- Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembiasaan Piket Kelas.
- Pengaruh Kegiatan Pembiasaan Sholat Berjamaah Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa.
- Peran Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Siswa di Sekolah Dasar.
- Efektivitas Program Bimbingan Kelompok untuk Mengatasi Perilaku Bullying pada Siswa.
- Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik Siswa Kelas IV.
- Peningkatan Percaya Diri Siswa Melalui Kegiatan Presentasi di Depan Kelas.
- Analisis Peran Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa.
- Dampak Program Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Karakter Gemar Membaca Siswa.
- Upaya Guru dalam Menumbuhkan Toleransi Antar Umat Beragama pada Siswa SD.
- Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Jujur Siswa.
I. Kompetensi Guru & Profesionalisme
- Kompetensi Pedagogik Guru dalam Merancang Pembelajaran Inovatif di SD.
- Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Supervisi Akademik.
- Analisis Kesiapan Guru SD dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar.
- Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Digital.
- Persepsi Guru Terhadap Efektivitas Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
- Hubungan Antara Iklim Kerja Sekolah dengan Kepuasan Kerja Guru SD.
- Studi Kasus Strategi Guru dalam Mengelola Kelas dengan Jumlah Siswa yang Besar.
- Analisis Kebutuhan Pelatihan Guru SD dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa.
- Peran Komunitas Belajar Guru (KBG) dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran.
- Efektivitas Program Mentoring Guru Senior Terhadap Guru Pemula di SD.
J. Kurikulum & Inovasi Pendidikan
- Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD.
- Evaluasi Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar.
- Peran Kurikulum Lokal dalam Mengembangkan Potensi Budaya Daerah pada Siswa.
- Studi Komparatif Desain Kurikulum SD di Perkotaan dan Pedesaan.
- Analisis Kebutuhan Sekolah Terhadap Program Pendidikan Lingkungan Hidup.
- Pengembangan Model Kurikulum Berbasis Potensi Lokal di Daerah Terpencil.
- Implementasi Program Literasi Digital di Sekolah Dasar.
- Evaluasi Efektivitas Program Bimbingan Karir untuk Siswa Kelas VI SD.
- Analisis Keselarasan Kurikulum SD dengan Kebutuhan Dunia Industri (bagi sekolah yang relevan).
- Pengembangan Model Pembelajaran Integratif Antar Mata Pelajaran di SD.
K. Psikologi Perkembangan Anak SD
- Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV.
- Peran Bermain dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas III.
- Analisis Pola Interaksi Sosial Siswa yang Berbeda Karakteristik di Kelas.
- Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Kelas I.
- Studi Perkembangan Moral Siswa SD Berdasarkan Tahapan Usia.
- Peran Guru dalam Mengatasi Kecemasan Belajar pada Siswa Kelas V.
- Analisis Perilaku Aggresif Ringan pada Siswa SD dan Upaya Penanganannya.
- Hubungan Antara Minat Baca dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa.
- Studi Kasus Penanganan Siswa dengan Kesulitan Konsentrasi di Kelas.
- Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Motorik Halus Siswa Kelas II.
L. Pendidikan Inklusif & Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
- Strategi Guru dalam Pembelajaran Anak Autisme di Sekolah Inklusi SD.
- Peran Dukungan Teman Sebaya Terhadap Adaptasi Anak Down Syndrome di Sekolah.
- Pengembangan Program Individual (Individualized Education Program/IEP) untuk Siswa ABK di SD.
- Analisis Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus.
- Efektivitas Media Pembelajaran Visual untuk Anak Tunanetra di Kelas Inklusi.
- Pelatihan Guru SD dalam Mengidentifikasi Ciri-ciri Siswa Berkebutuhan Khusus.
- Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Tunarungu Melalui Kegiatan Bermain Peran.
- Studi Kasus Penanganan Siswa dengan ADHD di Kelas Reguler SD.
- Peran Komunitas dalam Mendukung Program Pendidikan Inklusif di SD.
- Pengembangan Alat Peraga Edukatif Adaptif untuk Siswa Berkebutuhan Khusus di SD.
M. Manajemen & Administrasi Sekolah Dasar
- Analisis Manajemen Sarana dan Prasarana Perpustakaan Sekolah Dasar.
- Strategi Pemasaran Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik.
- Implementasi Manajemen Kesiswaan yang Efektif di Sekolah Dasar.
- Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Budaya Literasi di SD.
- Analisis Iklim Akademik Sekolah Dasar dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa.
- Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan di SD Melalui Partisipasi Masyarakat.
- Studi Perencanaan dan Pengelolaan Program Ekstrakurikuler Olahraga di SD.
- Analisis Efektivitas Sistem Informasi Manajemen Sekolah Dasar.
- Strategi Rekrutmen dan Pembinaan Tenaga Kependidikan di SD.
- Evaluasi Pengelolaan Lingkungan Sekolah yang Bersih dan Sehat.
N. Beragam Topik Lanjutan & Inovatif
- Pemanfaatan Metode “Fun Learning” dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas III.
- Pengembangan E-Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Video Pembelajaran.
- Studi Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah sebagai Sumber Belajar IPA.
- Analisis Pengaruh Lagu Anak-anak Berbahasa Inggris Terhadap Penguasaan Kosakata.
- Pengembangan Permainan Edukatif Tradisional untuk Stimulasi Motorik Kasar Siswa.
- Peran Bercocok Tanam di Sekolah dalam Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan.
- Integrasi Pendidikan Anti Korupsi dalam Pembelajaran PPKn di SD.
- Analisis Peran Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Siswa di Era Digital.
- Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di SD.
- Studi Kasus Penerapan Konsep “Sekolah Ramah Anak” di Sekolah Dasar.
- Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Pembentukan Karakter Kemandirian Siswa SD.
- Strategi Guru dalam Menumbuhkan Semangat Nasionalisme Melalui Pembelajaran Sejarah Lokal.
Penutup
Deimikian contoh judul skripsi PGSD yang bisa menjadi inspirasi buatkamu.
Gimana, sudah ada ‘percikan’ ide yang muncul? Ingat ya, pilih judul yang paling kamu minati dan membuatmu penasaran untuk menggali lebih dalam.
Semangat meneliti dan semoga sukses meraih gelar sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar!
Baca juga: Cara Menulis Kutipan dari Wawancara & Hasil Observasi
FAQ
1. Apakah judul skripsi harus mencerminkan minat pribadi?
Idealnya, ya. Judul yang sesuai dengan minat akan mempermudah proses penelitian.
2. Apakah boleh meneliti di SD tempat mengajar atau magang?
Boleh, asal mendapat izin dan tetap menjaga objektivitas.
3. Judul apa yang cocok untuk skripsi dengan data kuantitatif?
Yang mengukur pengaruh/hubungan seperti “Pengaruh A terhadap B” atau “Hubungan X dan Y”.
4. Boleh menggabungkan dua mata pelajaran dalam satu skripsi?
Boleh, asalkan terintegrasi secara logis, misalnya dalam pembelajaran tematik.
5. Apakah boleh mengambil judul yang sudah pernah diteliti?
Boleh, jika konteks, lokasi, atau subjeknya berbeda, dan ada pengembangan dari sebelumnya.
