100+ Judul Skripsi Pendidikan IPS

Berikut adalah 100+ judul skripsi Pendidikan IPS yang bisa dijadikan referensi buat Anda. Simak sampai tuntas ya.

100+ Judul Skripsi Pendidikan IPS

Halo, calon sarjana Pendidikan IPS! Momen menyusun skripsi seringkali diawali dengan “galau” mencari judul yang tepat. Padahal, judul adalah gerbang pertama yang akan menentukan arah penelitianmu.

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah bidang yang sangat luas, mencakup geografi, sejarah, sosiologi, ekonomi, antropologi, dan kewarganegaraan. Ini berarti, peluang untuk menemukan topik menarik dan relevan sangatlah besar!

Jika kamu sedang buntu ide, jangan khawatir! Artikel ini akan menyajikan lebih dari 500 judul skripsi Pendidikan IPS yang telah dikelompokkan berdasarkan fokus kajiannya. Semoga daftar ini bisa jadi inspirasi dan memicu ide-ide segar untuk penelitian akhirmu!

A. Strategi dan Model Pembelajaran dalam Pendidikan IPS

  1. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII.
  2. Efektivitas Penggunaan Metode Jigsaw dalam Pembelajaran IPS Terpadu di SMP.
  3. Pengaruh Pendekatan Kontekstual (CTL) terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS.
  4. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Materi Sejarah Lokal di SMA.
  5. Implementasi Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Geografi.
  6. Studi Komparatif Hasil Belajar IPS antara Siswa yang Diajar dengan Metode Ceramah dan Diskusi Kelompok.
  7. Penerapan Strategi Active Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa pada Materi Dinamika Kependudukan.
  8. Pengaruh Penggunaan Peta Konsep Terhadap Pemahaman Konsep Ekonomi pada Mata Pelajaran IPS.
  9. Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar IPS.
  10. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk Pembelajaran Sosiologi.
  11. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Materi Kewirausahaan.
  12. Penggunaan Metode Debat Kontroversial untuk Melatih Kemampuan Argumentasi Siswa dalam Isu-isu Sosial.
  13. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Sosial.
  14. Pengaruh Blended Learning terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di Era Digital.
  15. Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa Sekolah Dasar.
  16. Peningkatan Kemampuan Analisis Ruang Melalui Pembelajaran Geografi Berbasis GIS Sederhana.
  17. Studi Korelasi Antara Gaya Belajar Visual dan Hasil Belajar IPS Siswa.
  18. Penerapan Permainan Edukatif (Educational Games) dalam Pembelajaran Ekonomi.
  19. Efektivitas Penggunaan Video Dokumenter dalam Meningkatkan Minat Belajar Sejarah.
  20. Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis TIK untuk Pembelajaran Abad 21.

B. Minat, Motivasi, dan Hasil Belajar dalam Pendidikan IPS

  1. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Siswa pada Mata Pelajaran IPS.
  2. Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar IPS Siswa di SMP.
  3. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah.
  4. Korelasi Antara Kebiasaan Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Geografi Ekonomi.
  5. Peran Peran Guru dalam Meningkatkan Semangat Belajar IPS Siswa Melalui Pendekatan Humanistik.
  6. Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar IPS Siswa.
  7. Studi Kasus Mengenai Faktor Penghambat Belajar IPS Pada Siswa Dengan Gaya Belajar Kinestetik.
  8. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa.
  9. Analisis Kualitas Pembelajaran IPS dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Intrinsik Siswa.
  10. Hubungan Antara Penguasaan Konsep Dasar Ekonomi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

C. Kompetensi Guru dan Profesionalisme dalam Pendidikan IPS

  1. Kompetensi Pedagogik Guru IPS dalam Mengelola Kelas Inklusif.
  2. Pengaruh Kualifikasi Akademik Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran Sejarah.
  3. Analisis Kebutuhan Pelatihan Guru IPS Terkait Penguasaan Teknologi Pembelajaran.
  4. Peran Guru IPS Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Berbasis Proyek.
  5. Kompetensi Profesional Guru IPS Dalam Menilai Hasil Belajar Siswa.
  6. Studi Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Sosial Guru IPS.
  7. Pengembangan Diri Guru IPS Melalui Komunitas Belajar Profesional.
  8. Pengaruh Pengalaman Mengajar Guru Terhadap Keterampilan Mengelola Kelas IPS.
  9. Analisis Kesiapan Guru IPS Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka.
  10. Peran MGMP IPS dalam Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran IPS.

D. Kurikulum dan Evaluasi Pembelajaran IPS

  1. Analisis Kesesuaian Kurikulum IPS Dengan Kebutuhan Masyarakat Lokal.
  2. Pengembangan Instrumen Evaluasi Hasil Belajar IPS Berbasis Penilaian Autentik.
  3. Efektivitas Penilaian Portofolio dalam Mengukur Kemampuan Kognitif dan Afektif Siswa pada Mata Pelajaran IPS.
  4. Studi Komparatif Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPS.
  5. Analisis Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penilaian Otentik pada Pembelajaran IPS.
  6. Pengembangan Modul Penilaian Berbasis Proyek untuk Pembelajaran Sejarah.
  7. Evaluasi Implementasi Kurikulum IPS Terintegrasi di Sekolah Menengah Pertama.
  8. Analisis Kesesuaian Soal Ujian Nasional IPS Dengan Taksonomi Bloom.
  9. Pengembangan Bank Soal IPS Berbasis HOTS untuk Tingkat Sekolah Menengah.
  10. Studi Persepsi Guru Terhadap Efektivitas Kurikulum IPS dalam Membentuk Karakter Siswa.

E. Isu-isu Kontemporer dan Karakter dalam Pendidikan IPS

  1. Peran Pendidikan IPS dalam Membentuk Karakter Nasionalisme Remaja.
  2. Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Isu Lingkungan Terhadap Kesadaran Lingkungan Siswa.
  3. Kontribusi Pendidikan IPS dalam Mengatasi Radikalisme di Kalangan Pelajar.
  4. Pengembangan Model Pembelajaran IPS Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Antarumat Beragama.
  5. Analisis Peran Pendidikan IPS dalam Pencegahan Cyberbullying di Kalangan Remaja.
  6. Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Sikap Anti Korupsi Siswa.
  7. Studi Peran Pendidikan IPS Dalam Membangun Kesadaran Demokrasi Sejak Dini.
  8. Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Pembelajaran IPS Dengan Pendekatan Kontekstual.
  9. Peran Pendidikan IPS dalam Mengedukasi Siswa Mengenai Hoaks dan Literasi Digital.
  10. Implementasi Pendidikan Kebencanaan dalam Pembelajaran Geografi untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa.

F. Geografi dalam Pendidikan IPS

  1. Analisis Persepsi Siswa Terhadap Materi Geografi Fisik dan Sosial.
  2. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Materi Sistem Tata Surya.
  3. Pengaruh Penggunaan Peta Digital Terhadap Pemahaman Konsep Lokasi dan Jarak.
  4. Studi Komparatif Kemampuan Spasial Siswa Antara Pengguna GIS dan Non-GIS.
  5. Optimalisasi Pemanfaatan Citra Satelit dalam Pembelajaran Geografi Lingkungan.
  6. Analisis Dampak Urbanisasi Terhadap Perubahan Penggunaan Lahan di Kota [Nama Kota].
  7. Studi Kasus Mengenai Faktor-faktor Penyebab Bencana Tanah Longsor di Wilayah [Nama Wilayah].
  8. Peningkatan Kesadaran Mitigasi Bencana Melalui Pembelajaran Geografi Bencana.
  9. Efektivitas Pembelajaran Outdoor Terhadap Pemahaman Konsep Bentang Alam.
  10. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Dalam Pembuatan Peta Tematik.

G. Sejarah dalam Pendidikan IPS

  1. Analisis Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Sejarah Kemerdekaan Indonesia.
  2. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Komik Digital.
  3. Pengaruh Penggunaan Sumber Sejarah Primer Terhadap Kemampuan Berpikir Historis Siswa.
  4. Studi Peran Museum Sejarah Sebagai Sumber Belajar Efektif.
  5. Optimalisasi Pembelajaran Sejarah Lokal dalam Membentuk Identitas Daerah.
  6. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Kronologi dan Periodisasi Sejarah.
  7. Peningkatan Minat Belajar Sejarah Melalui Metode Role Playing.
  8. Studi Komparatif Penggunaan Video Sejarah dan Naskah Teks Terhadap Pemahaman Konsep.
  9. Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Berbasis Cerita Rakyat untuk Menanamkan Nilai Karakter.
  10. Pengaruh Kunjungan Situs Sejarah Terhadap Apresiasi Siswa Terhadap Sejarah Bangsa.

H. Sosiologi dalam Pendidikan IPS

  1. Analisis Persepsi Siswa Terhadap Fenomena Perubahan Sosial di Lingkungan Sekolah.
  2. Pengembangan Media Pembelajaran Sosiologi Berbasis Film Pendek.
  3. Pengaruh Diskusi Kelompok Terhadap Pemahaman Konsep Interaksi Sosial.
  4. Studi Kasus Mengenai Peran Komunitas Online Terhadap Identitas Remaja.
  5. Optimalisasi Pembelajaran Sosiologi Untuk Membangun Kesadaran Multikultural.
  6. Analisis Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja.
  7. Peningkatan Empati Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Sosiologi Berbasis Kasus.
  8. Studi Komparatif Peran Keluarga dan Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Sosial Siswa.
  9. Pengembangan Bahan Ajar Sosiologi Berbasis Isu-isu Kontemporer (Misal: Hoaks, Disinformasi).
  10. Pengaruh Pembelajaran Sosiologi Komunitas Terhadap Keterlibatan Siswa dalam Kegiatan Sosial.

I. Ekonomi dalam Pendidikan IPS

  1. Analisis Persepsi Siswa Terhadap Konsep Literasi Keuangan Sejak Dini.
  2. Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Simulasi Bisnis Sederhana.
  3. Pengaruh Penggunaan Contoh Kasus Nyata Terhadap Pemahaman Konsep Ekonomi Makro.
  4. Studi Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-nilai Kewirausahaan Pada Siswa.
  5. Optimalisasi Pembelajaran Ekonomi Untuk Membentuk Sikap Konsumtif yang Bertanggung Jawab.
  6. Analisis Dampak Inflasi Terhadap Daya Beli Masyarakat (Studi Kasus di [Nama Kota]).
  7. Peningkatan Pemahaman Konsep Investasi Sederhana Melalui Pembelajaran Ekonomi.
  8. Studi Komparatif Penggunaan Media Game Online Ekonomi Terhadap Minat Belajar Siswa.
  9. Pengembangan Bahan Ajar Ekonomi Berbasis Studi Kasus UMKM Lokal.
  10. Pengaruh Kunjungan Lapangan ke Lembaga Keuangan Terhadap Pemahaman Sistem Perbankan.

J. Antropologi & Kewarganegaraan dalam Pendidikan IPS

  1. Analisis Persepsi Siswa Terhadap Keberagaman Budaya di Indonesia.
  2. Pengembangan Media Pembelajaran Antropologi Berbasis Kunjungan Virtual Museum Budaya.
  3. Pengaruh Pembelajaran Antropologi Terhadap Penanaman Sikap Toleransi dan Menghargai Perbedaan.
  4. Studi Kasus Mengenai Pelestarian Kebudayaan Lokal di Era Globalisasi.
  5. Optimalisasi Pembelajaran Antropologi Untuk Membangun Kesadaran Pluralisme.
  6. Analisis Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Sikap Anti Intoleransi.
  7. Peningkatan Kesadaran Hak dan Kewajiban Warga Negara Melalui Pembelajaran PKn.
  8. Studi Komparatif Penggunaan Metode Debat dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Siswa.
  9. Pengembangan Bahan Ajar PKn Berbasis Isu HAM Lokal dan Global.
  10. Pengaruh Proyek Pelayanan Masyarakat Terhadap Pembentukan Jiwa Patriotisme Siswa.

Bagaimana Memilih Judul Skripsi yang Tepat?

Setelah melihat begitu banyak pilihan, mungkin kamu malah tambah bingung. Nah, ini dia beberapa tips untuk memilih judul yang paling pas untukmu:

  1. Pilih Sesuai Minatmu: Ini yang paling penting. Kalau kamu tertarik dengan topik tersebut, proses penelitiannya akan terasa lebih menyenangkan dan kamu akan lebih termotivasi.
  2. Relevansi dengan Bidang Keahlian Dosen: Cobalah untuk mencari keselarasan antara minatmu dengan bidang keahlian dosen yang potensial menjadi pembimbingmu.
  3. Ketersediaan Data dan Sumber: Pastikan topik yang kamu pilih memiliki data yang bisa diakses (misal: data dari sekolah, instansi, atau bisa didapatkan melalui wawancara/kuesioner).
  4. Novelty (Kebaruan): Usahakan judulmu punya keunikan atau sentuhan baru. Hindari judul yang persis sama dengan skripsi tahun lalu. Kamu bisa memodifikasi objek penelitian, lokasi, atau metode.
  5. Batasan yang Jelas: Pastikan judulmu tidak terlalu luas. Buatlah spesifik agar penelitianmu fokus dan terukur. Misalnya, daripada “Pengaruh Media Sosial pada Remaja,” lebih baik “Pengaruh Penggunaan TikTok Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP X.”
  6. Konsultasi dengan Dosen: Setelah punya beberapa ide, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dosen-dosen yang kamu anggap relevan. Mereka bisa memberikan masukan berharga dan mengarahkanmu.

Penutup

Semoga daftar judul skripsi Pendidikan IPS ini bisa memberikan pencerahan dan inspirasi untuk perjalanan akademikmu.

Ingat, judul yang baik adalah awal dari penelitian yang baik. Selamat menyusun skripsi dan sukses meraih gelar sarjana!

Baca juga: Tips Memilih Dosen Pembimbing Skripsi yang Tepat

FAQ

1. Apakah saya harus membuat media sendiri untuk skripsi IPS?

Tidak harus. Bisa juga menganalisis atau mengembangkan media yang sudah ada.

2. Bolehkan skripsi IPS mengambil lokasi penelitian di luar sekolah?

Boleh, selama masih relevan dengan konteks pendidikan dan pembelajaran IPS.

3. Apakah boleh skripsi IPS menggunakan metode mix method?

Boleh dan bahkan sangat disarankan jika ingin eksplorasi data lebih luas.

Tinggalkan komentar